Selasa, 23 Oktober 2018
JAJAK PENDAPAT
Siapakah kader PDI Perjuangan yang pantas jadi bakal calon di Pilgub Jabar 2018?
   
Aang Hamid Suganda
Abdy Yuhana
Ono Surono ST
Rieke Diah Pitaloka
Sutrisno
TB Hasanudin
.:: Lihat Hasil ::.

BERITA TERBARU
Besarnya Perhatian Pada Nelayan, Bawa Ono Surono Sukses di Senayan
Last Update 20 Februari 2018
Ono Surono Sosialisasikan UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan
Last Update 28 Februari 2018
Gaduh Luhut-Susi, Ono Surono: Menenggelamkan Kapal Itu Harus Ada
Last Update 12 Januari 2018
Ono Surono Gelar Pengobatan Gratis
Last Update 14 Agustus 2017
Ono Surono Ikuti Panen Perdana Budidaya Lele Bioflok di Pondok Pesantren
Last Update 27 Desember 2017
Poktan Penerima UPPO Diminta Fokus Produksi Pupuk Organik
Last Update 25 Desember 2017
Ono Surono Adakan Kunjungan Kerja di Pemdes Gadel
Last Update 21 Juni 2017
Soal Status, Para POPT & PPL Indramayu Gantungkan Nasib ke DPR
Last Update 29 Mei 2017
Home » Press Release » Detail
Rumah Aspirasi dan Pakta Integritas Ono Surono

Post By : Administrator
Last Update : 4 April 2014, 02:43

Ono Surono ST, Calon Legislatif DPR RI dari PDI Perjuangan di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VIII (Kab Indramayu, Kab Cirebon, dan Kota Cirebon) nomor urut 3.

Ono Surono adalah putra dari H. Mustakim, lahir pada 24 Agustus 1974, seorang anak nelayan dari Kelurahan Paoman Indramayu Jawa Barat.

Saat ini Ono Surono aktif bergiat di Koperasi Perikanan Laut (KPL) Mina Sumitra, sebuah koperasi perikanan terbesar di Jawa Barat yang beranggotakan ribuan nelayan, Ono Surono juga aktif sebagai ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Jawa Barat. Melalui HNSI itu ia mengadvokasi, mendampingi, dan menyelesaikan setiap permasalahan nelayan serta selalu berupaya mencari jalan keluar bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.

Yayasan Mina Sumitra pun dibentuk sebagai wujud bakti Ono Surono terhadap bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, pemuda dan olahraga. Di sini, selain mendukung program posyandu yang digelar secara rutin, sudah tersedia ambulance gratis dan layanan kesehatan bagi nelayan dan warga yang membutuhkan melalui balai pengobatan.

Di bidang pendidikan, yayasan yang dibina ini sedang merancang Madrasah Aliyah Kejuruan di lingkungan nelayan, disamping dukungan terhadap pendidikan anak usia dini (PAUD) yang sudah berjalan. bidang pemuda dan olahraga pun tidak luput dari perhatian Ono Surono.

Kegiatan karang taruna dalam pemberdayaan pemuda, pagelaran seni dan olahraga melalui event-event pertandingan dan perlombaan kerap dilakukan.

Seiring dengan semakin banyaknya kegiatan dan jaringan yang dilakoninya, Ono Surono pun seringkali terlibat dalam aksi simpatik dan solidaritas serta diskusi-diskusi yang dilakukan kelompok Buruh lokal maupun buruh migran alam menyikapi masalah upah dan sistem kerja outsourching yang saat ini belum terpecahkan. Tak hanya itu, terhadap eks-buruh migran (TKI/TKW), Ono melakukan advokasi atas ketidakberuntungan yang menimpa mereka.

Meskipun semakin banyak aktifitas yang digelutinya, Ono Surono selalu menyempatkan diri untuk selalu dekat dengan kalangan petani. Ia paham bahwa petani merupahan pahlawan bagi pangan Indonesia, melalui program Mari Sejahterakan Petani (MSP), Ono terjun langsung membina ribuan petani di wilayah Indramayu dan Cirebon. Program ini berisikan pemberian bibit gratis, penyuluhan hingga penanganan pasca panen.

Hanya saja, aktifitas yang selama ini ia lakukan bersama masyarakat, seringkali terbentur pada ranah kebijakan dan keterbatasan wewenang.

Untuk itu lewat Pemilihan Umum (PEMILU) 2014, Ono Surono yang pernah menduduki kursi DPRD Indramayu ini didorong oleh sebagian masyarakat sekaligus diberi amanah oleh ketua umum PDIP Perjuangan Ibu Hj Megawati Soekarnoputri dan diberi kesempatan untuk maju sebagai calon anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat VIII (Kab. Indramayu, Kab Cirebon, dan Kota Cirebon) melalui partai PDI Perjuangan.

Harapannya, segala masalah rakyat dapat diselesaikan melalui perjuangan terhadap kebijakan di tingkat pusat yang berpihak kepada rakyat.

Untuk mewujudkan itu, Ono Surono membentuk wadah dukungan warga melalui "Relawan Ono Surono", sekaligus juga sebagai kekuatan utama yang harus dinamis, strategis dan berkesinambungan yang akan mengelola sebuah tempat bernaung yang dinamakan RUMAH ASPIRASI ONO SURONO atau disingkat RAOS.

RAOS merupakan pengejawantahan kedaulatan rakyat sebagai pemilik suara, sehingga alur kominikasi antara legislatif dengan rakyat harus senantiasa terbangun. Rumah ini harus menjadi wadah penguatan akses publik terhadap perkembangan dan dinamika kebijakan yang dibuat.

RAOS hanyalah sebutan, sejatinya rumah ini harus dimiliki bersama elemen rakyat, partai dan legislatif sebagai bagian dari pengumpulan aspirasi untuk diperjuangkan menjadi kebijakan yang aspiratif dan berpihak pada rakyat.

RAOS bukanlah wadah yang mereduksi fungsi partai dalam menjaring aspirasi di daerah. Tetapi ini merupakan sebuah wujud tanggungjawab moral dalam memberdayakan konstituen dan rakyat.

RAOS merupakan cermin bagi Ono Surono sebagai media otokritik, kelak dari sinilah lahir ide dan gagasan yang selalu dievaluasi agar pengabdian sebagai anggota legislatif lebih berkapasitas, progresif dan aspiratif.

Sebagai komitmen Ono Surono terhadap masyarakat melalui RAOS tersebut. Ono Surono berani menandatangani PAKTA INTEGRITAS di atas materai dan disaksikan oleh perwakilan masyarakat. Bahkan, Pakta Integritas tersebut digunakan sebagai senjata ampuh masyarakat kelak untuk selalu mengingatkan Ono Surono ketika duduk di kursi DPR RI.

Copyright OnoSurono.Com © 2018. All Right Reserved
Design By C.M.C (Cuplik Media Center)