Minggu, 21 Januari 2018
SUB BERITA
» PERIKANAN
» PERTANIAN
» POLITIK DAN HUKUM
» RAGAM
JAJAK PENDAPAT
Siapakah kader PDI Perjuangan yang pantas jadi bakal calon di Pilgub Jabar 2018?
   
Aang Hamid Suganda
Abdy Yuhana
Ono Surono ST
Rieke Diah Pitaloka
Sutrisno
TB Hasanudin
.:: Lihat Hasil ::.

BERITA TERBARU
Gaduh Luhut-Susi, Ono Surono: Menenggelamkan Kapal Itu Harus Ada
Last Update 12 Januari 2018
Ono Surono Gelar Pengobatan Gratis
Last Update 14 Agustus 2017
Ono Surono Ikuti Panen Perdana Budidaya Lele Bioflok di Pondok Pesantren
Last Update 27 Desember 2017
Poktan Penerima UPPO Diminta Fokus Produksi Pupuk Organik
Last Update 25 Desember 2017
Ono Surono Adakan Kunjungan Kerja di Pemdes Gadel
Last Update 21 Juni 2017
Soal Status, Para POPT & PPL Indramayu Gantungkan Nasib ke DPR
Last Update 29 Mei 2017
Ancaman Kekeringan, Komisi IV DPR Sidak Sungai Hingga ke Rentang
Last Update 29 Mei 2017
OS: Banyak Lahan Pertanian di Indramayu Belum Dikelola
Last Update 7 Mei 2017
Home » Berita » POLITIK DAN HUKUM » Detail
Poling bulan Januari Roy Morgan: Jokowi dan PDIP masih teratas

Post By : Administrator
Last Update : 25 Februari 2014, 10:24

Lembaga riset marketing yang berpusat di Australia, Roy Morgan kembali merilis hasil poling bulanan terhadap kandidat capres dan partai politik jelang Pemilu 2014. Hasilnya, Jokowi masih stabil di urutan teratas dan PDIP masih merupakan partai yang elektabilitasnya tertinggi.

Poling ini merupakan hasil survei yang dilakukan pada Januari 2014 lalu dengan 3.131 calon pemilih di seluruh Indonesia umur 17 tahun ke atas. Wawancara dilakukan tatap muka dilakukan di 34 provinsi dengan pengambilan sampel yang seimbang yang mewakili pemilih secara geografis maupun demografis. Margin error dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar plus minus 0,8%.

Dalam poling ini, calon pemilih ditanya: "Bila saat ini ada pemilihan umum untuk anggota DPR, kandidat partai apakah yang akan Anda pilih?" Dan untuk poling presiden: "Siapa yang paling mungkin Anda pilih sebagai Presiden dalam Pemilu mendatang?"

Hasilnya adalah, untuk kandidat capres, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tetap menjadi kandidat yang paling populer dengan persentase 39%, naik 1% dari hasil poling bulan Desember 2013.

Di bawah Jokowi ada Prabowo Subianto (16%, naik 2 poin) dan Aburizal Bakrie (12%, tidak berubah). Ketiga tokoh itu jauh di atas Wiranto (7%), Jusuf Kalla (5%, tidak berubah), mantan Presiden Megawati Sukarnoputri (5%, tidak berubah), Dahlan Iskan (4%, turun 1 poin), dan Mahfud MD (3%, tidak berubah).

Sedangkan Hatta Rajasa (2%, turun 1 poin) dan Ani Yudhoyono (1%, turun 1 poin). Selanjutnya 7% dari masyarakat Indonesia mendukung calon lainnya. Dan 11% lagi yang belum dapat menyebutkan siapa pilihan mereka.



Selanjutnya untuk partai terpopuler, responden memilih PDIP dengan persentase 27% (naik 1 poin dalam satu bulan). PDIP jauh lebih unggul dari Partai Golkar (20%, tidak berubah) dan Partai Gerindra (14%, naik 2 poin). Diikuti oleh Partai Demokrat (11%, turun 3 poin).

sisanya, dukungan untuk partai lain terbagi di antara berbagai PKB (7%, naik 1 poin), Partai Hanura (6%, tidak berubah), PAN (5%, tidak berubah), PKS (4%, tidak berubah), PPP (2%, tidak berubah), Partai NasDem (2%, turun 1 poin), dan PBB (1%, tidak berubah). Sedangkan 14% belum dapat menyatakan pilihannya.


Direktur Regional Asia Roy Morgan Research, Debnath Guharoy menyatakan, sepertinya komposisi perolehan suara partai politik di pemilu mendatang sudah tergambar dari hasil poling terbaru. Sementara untuk kandidat capres, komposisi yang sama juga tidak akan berubah.

"Pemilu untuk DPR tinggal dua bulan lagi dan tampaknya ranking dari kandidat presiden sudah mantap. Partai Demokrat terus membuang waktu dan kehilangan dukungan setiap minggu. PDI-P tampak sudah kuat, siap untuk memimpin koalisi berikutnya. Kalau saja Gubernur Jokowi diberi tugas untuk mengumpulkan dukungan secara nasional, PDI-P dapat meningkatkan kemungkinan mendominasi pemerintah yang tampaknya akan dipimpin olehnya," ujar Guharoy dalam siaran pers yang diterima wartawan, Senin (24/2).//(mdk)

Copyright OnoSurono.Com © 2018. All Right Reserved
Design By C.M.C (Cuplik Media Center)