Minggu, 21 Januari 2018
SUB BERITA
» PERIKANAN
» PERTANIAN
» POLITIK DAN HUKUM
» RAGAM
JAJAK PENDAPAT
Siapakah kader PDI Perjuangan yang pantas jadi bakal calon di Pilgub Jabar 2018?
   
Aang Hamid Suganda
Abdy Yuhana
Ono Surono ST
Rieke Diah Pitaloka
Sutrisno
TB Hasanudin
.:: Lihat Hasil ::.

BERITA TERBARU
Gaduh Luhut-Susi, Ono Surono: Menenggelamkan Kapal Itu Harus Ada
Last Update 12 Januari 2018
Ono Surono Gelar Pengobatan Gratis
Last Update 14 Agustus 2017
Ono Surono Ikuti Panen Perdana Budidaya Lele Bioflok di Pondok Pesantren
Last Update 27 Desember 2017
Poktan Penerima UPPO Diminta Fokus Produksi Pupuk Organik
Last Update 25 Desember 2017
Ono Surono Adakan Kunjungan Kerja di Pemdes Gadel
Last Update 21 Juni 2017
Soal Status, Para POPT & PPL Indramayu Gantungkan Nasib ke DPR
Last Update 29 Mei 2017
Ancaman Kekeringan, Komisi IV DPR Sidak Sungai Hingga ke Rentang
Last Update 29 Mei 2017
OS: Banyak Lahan Pertanian di Indramayu Belum Dikelola
Last Update 7 Mei 2017
Home » Berita » PERIKANAN » Detail
Kapal Dihantam Ombak, 8 Awak Selamat

Post By : Administrator
Last Update : 25 Februari 2014, 10:29

Indramayu – Insiden terbaliknya kapal Nelayan Indramayu akibat angin kencang dan terhantam ombak di laut Kalimantan kembali terjadi, insiden terbaliknya kapal nelayan kali ini terjadi pada KM Eka Jaya yang di Nahkodai Kardiman (34) warga Desa Pabean Udik blok Anjun Kec/Kab. Indramayu.

Sebagaiman hasil penelusuran kami, Kepala Koordinator Keamanan dan pengawasan TPI Karangsong, Bunyamin (59) melalui anggotanya Abdul Goni  mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan melalui radio di pos jaga, bahwa ada kapal yang terbalik akibat diterjang angin dan ombak tinggi disekitar laut Kalimantan, Kapal tersebut milik Adang (38) Warga Blok kalen Cawang Desa/Kecamatan Karangsong Indramayu.
“kami baru mendapat kontak bahwa ada kapal yang terbalik yaitu KM Eka Jaya milik Adang, akibat diterjang angin dan ombak tadi siang, namun datanya belum lengkap karena masih dalam penanganan rekan-rekannya disana”.ungkap Goni Jum’at 21/2 malam.
Sementara itu berdasar data kronologis yang diterima, awak kapal saat itu tengah selesai Ambat jaring dengan posisi kapal sedang labuh dan tengah mengepak ikan, dengan tiba-tiba datang angin pengarak yang membuat kapal oleng dan terombang-ambing, kemudian kapal langsung terbalik terkena angin dan ombak besar tersebut, seluruh awak kapalpun masih bertahan diatas kapal yang terbalik tersebut.
Beruntung saat kejadian terdapat kapal lain yang berada disampingnya, sehingga para awak kapal naas tersebut dapat terselamatkan.
“Alhamdulillah saat insiden tersebut menerpa kami semua masih bisa bertahan diatas kapal, dan kami diselamatkan oleh kapal lain yang berada disekitar kami, yakni KM milik H.Uri yang di Nahkodai Aput ,  yang sesaat setelah insiden langsung bertindak menyelamatkan kami para awak (KM Eka Jaya_red)”. Ungkap Bunyamin menirukan Nahkoda KM Eka Jaya saat melaporkan kejadian di pos jaga, Senin 24/2 Pagi.
Ditambahkannya, kapal tersebut ber-awak 8 orang termasuk Nahkodanya, adapun insiden terjadi diwilayah utara kepulauan Candikian, pada lintang 5.23 bujur 108.29, dan insiden terjadi pada Jum’at 21/2 sekita pukul 13.00 wib.
Sementara itu menurut Adang (38) pemilik kapal menyebutkan hal serupa, awak kapal semuanya berjumlah 8 orang dan dinyatakan selamat karena dibantu rekan-rekannya yang ada disekitar lokasi kejadian, namun kapal beserta alat perlengkapannya belum bisa terselamatkan.
“ Semua awak kapal berjumlah 8 orang dan terselamatkan oleh kapal Nelayan lainnya yang berada disekitar lokasi, dimana saat itu mereka langsung membantu para korban”. Ungkap adang, Minggu 23/2 lalu.
Sementara di jelaskan Bunyamin kepada wartawan, untuk bangkai kapal KM Eka Jaya hingga saat ini masih dalam penanganan evakuasi, yang dilakukan oleh pihak keluarga pemilik kapal (Adang_red), dan untuk kerugian sendiri diduga mencapai Jutaan rupiah.
“atas insiden tersebut ditaksir kerugian mencapai Jutaan rupiah, dan bangkai kapal tengah dalam penanganan tengah dievakuasi pihak keluarga”.tutup Bunyamin kepada wartawan, Senin 24/2 siang. //Haris

Copyright OnoSurono.Com © 2018. All Right Reserved
Design By C.M.C (Cuplik Media Center)